Mungkin di antara sederetan penulis – penulis aku bukanlah penulis yang handal, tapi setidaknya aku berusaha menjadi seorang penulis yang jujur, yang menulis apa adanya dari hati. Nggak dibuat – buat atau ditambah – tambah cuma sekedar ingin menaikkan rating. Aku berharap di setiap tulisanku itu meski sekiranya nggak bisa dibaca berulang seenggaknya ada kesan yang terlintas setelah membaca tulisanku. Itu yang aku harapkan.

Sekarang mungkin sudah hampir 10 tahun aku menulis. Awalnya aku cuma iseng – iseng untuk menjadi juara di Sayembara Hardiknas di SMPku, SMP N 3 Ngrambe. Untuk seukuran desaku,  SMP itu sudah menjadi SMP yang terbaik bisa dibilang. Cuma untuk uang 10.000 IDR aku pun mengikuti Sayembara itu. Itu pun aku harus meminjam nama orang lain, sahabatku Dwi Lestari demi bisa memasukkan ceritaku. Tapi siapa sangka? Menang. Aku bagi uang hasil perolehan dari Sayembara itu setengah – setengah dengannya. Aku ingat sekali aku membeli block note bercover Barbie dengan uang itu. Sebab aku pengurus OSIS jadi terpaksa aku harus melakukan cara lewat pintu belakang ini. Aku pun yakin guru – guru juga tentu tahu kalau ini aku yang membuatnya. Bahasaku sangat khas kata mereka. Untuk siswi yang selalu mendapat nilai buruk dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, hanya akulah yang selalu menulis dengan kalimat baku di sana. Ya,  maaf.

Beralih ke menulis yang semi serius aku menyalurkan bakatku lewat sebuah Novel tentang imajinasi fans yang biasa dikenal dengan fan fiction. Aku mulai mengenalnya saat aku memiliki akun facebook dan mulai menggemari Korean drama, You’re Beautiful tepatnya drama di akhir tahun 2009 yang diperankan oleh Jang Geun Suk dan Park Shin Hye. Aku ingat sekali demi bisa menulis stripping aku sisakan uang jajanku untuk menulis cerita di Warung Internet selama 2 jam untuk mengupdate 1 post per harinya. Istilah yang aku gunakan dalam episodenya adalah chapter. Hingga habis di 4 Season. Dari awal pertemuan mereka hingga mereka harus menikah dan mengurus anak hingga menikahkan sang anak.

Aku tak berhenti sampai di situ. Menulisku mulai ku kirimkan ke blog lalu aku kirimkan ke penerbit meski harus gagal di Pak Agus kenalan Omku di Gramedia Jogjakarta. Padahal aku sudah kirimkan semuanya lo. Bagaimana ini? Aku juga sempat vakum. Menulis hingga kembali lagi di bulan 11 di tahun 2011 saat aku sudah menjabat sebagai mahasiswi di UNESA. Dan eng ing eng… Aku lanjut menulis hingga awal tahun 2013. Ada sedikit tragedi yang harus membuatku kembali berhenti menulis. Hingga sekarang aku harus menulis lagi di pertengahan Juni 2015. Aku kembali mengadu peruntunganku kali ini ke Gagas Media pada tanggal 26 Agustus 2015 dan kata Mbak Puji yang menerima ceritaku bilang “Ok. Kurang lebih naskah dibaca dalam waktu 3-4 bulan ya, Dek.” I’ll wait for the happiest moment. Thank Oh My Allah. You’re always understanding me. Thank you so much. Aku nggak mengira kalau ternyata aku bisa menulis. Aku kira aku hanya bisa menggambar dan merusak perkakas. Ternyata semua itu ditampik dengan hal baru yang aku temukan ini di 13 tahun usiaku. Aku pernah bilang awalnya aku merasa menulis itu seperti momok sulit dan membuatku harus terus memutar otak. Dan aku baru tahu sekarang berkat mempraktekkan aku benar – benar bisa jadi penulis yang hebat. Fighting! Ganbatte kudasai ne!

View on Path

About shiellafiollyamanda

"Wish my creation can inspire a lot of people, at least around me."
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

