Dilema Golput “Parodycas”


Treatment Scenario

Dilema Golput                       Author : Shiella Fiolly Amanda                      Please Credit

Skenario

INT.   Dalam   Studio   (sengaja   diset   sebagai   Warung   Waser   yang
terletak di dekat 2 rumah warga). Night

1.   Peneliti    senior   KPK    (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),      Burhanuddin
MuhNanti,   Burhanuddin   MuhNanti        datang   ke   warung   lalu   memesan   segelas
kopi panas ke PEDAGANG WARUNG SEDERHANA, Mbak Yu RIMA

a.  KPK           :   (tiba  – tiba   datang   lalu   duduk   di   bangku   panjang   yang
tersedia) Yu Rima, kopi, mbak, segelas. Nggak pake lama, ya ?

2. dan tiba –tiba datanglah yang kedua adalah Ketua DPP Partai Kelilit Bangsa
(PKB),   Abdul   Balik   HalalMain,   Abdul   Balik   HalalMain  yang   datang   langsung
duduk     di  samping    Peneliti    senior  KPK    (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),
Burhanuddin MuhNanti,  memesan sepiring nasi rawon. PEDAGANG WARUNG
SEDERHANA,   MBAK   YU   RIMA   membuka   pembicaraan   dengan  Peneliti   senior
KPK (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK), Burhanuddin MuhNanti,                   kenapa tumben
datang   ke   WaSer-nya.   Ada   apa   gerangan.   Lalu  Peneliti   senior  KPK   (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),     Burhanuddin       MuhNanti,     menjawab       karena   dirinya
sedang akan menilih penyuluhan yang dilakukan sejauh mana diterima warga
Desa Keling dan Desa Terik. Lantas tiba –tiba Ketua DPP Partai Kelilit Bangsa
(PKB),   Abdul   Balik   HalalMain  ikut   menyela   pembicaraan   dengan   keduanya
dengan     menanyakan       sejauh    mana    dan    persiapan     apa  saja   yang    akan
dilakukan  Peneliti   senior  KPK   (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),   Burhanuddin
MuhNanti, menjelang Pilpres 2014. Mereka pun saling bercakap.

a.  Yu Rima       :  Tumben,    mas,   lama    ndak   datang    ke  sini  ?  apa  sibuk
banget, to ?

b.  KPK           : Lho iya, to. Kan buat persiapan pilpres 2014 nanti, to, Yu.

c.  Yu Rima       :   Ya.   Sampai   lupa   saya,   Mas.   Ini   kopinya.   Gulanya   sedikit,
kan ?

d.  KPK           : Terima kasih, lo, Yu. Dehidrasi rasanya tenggorokan saya.
Banyak teriak –teriak.

e.  PKB           :   (Tiba – tiba   datang   langsung   duduk   di   sebelah   KPK   dan
menyerobot mengambil kerupuk langsung memakannya dan memesan
nasi   Rawon)    Yu   Rim,   kaya  biasa,  ya.  yang   panas   kuahnya.  Cepet   ya,
mbak.

f.  Yu Rima       : Lho. Lho ngos –ngosan gini dari mana mas ?

Dilema Golput                      Author : Shiella Fiolly Amanda                      Please Credit

g.  KPK          : (melengos ke arah PKB heran lalu menyeruput kopinya)

h.  PKB          :  masa    nggak   tahu,   to,  mbak,.  Kaya   biasa,  mbak.   Habis
penyuluhan. Njaring Perawan, mbak. Eh, Njaring Golputers maksudnya.
(Nyengir ke Yu Rima yang masih janda.)

i.  Yu Rima      : ah, sampeyan iku, mas ! (Genit, mengerlingkan mata).

j.   KPK          : (tersenyum ke arah Yu Rima)

3.  Sampai     PEDAGANG       WARUNG      SEDERHANA,       MBAK     YU   RIMA   menanyakan
keduanya      bagaimana       prediksi    –  Prediksi     mereka      terhadap      pemilu
mendatang.Ketua        KPK     (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),      Burhanuddin
MuhNanti menjawab dengan 50% Golput sedang ketua DPP  PARTAI KELILIT
BANGSA (PKB), ABDUL BALIK HALALMAIN  menjawab dengan di bawah 40%.
PEDAGANG       WARUNG      SEDERHANA,   MBAK       YU   RIMA  menanyakan   atas   dasar
apa mereka menjawab pertanyaan tersebut demikian.

a.  KPK           :   (masih   tetap   diam   semenjak  ketua   DPP PARTAI   KELILIT
BANGSA     (PKB),   ABDUL    BALIK   HALALMAIN     datang    hanya    mengamati
keduanya berbincang saja)

b.  Yu Rima      : lho, mas.  Terus kalo ngomongin sekarang keadaan kayan
gini.  Udah jaman sul it. Ditambah lagi pemilu.  Udah ndak sempet mikir
mas. Kira –kira kaya apa ya yang nyoblos di pilpres nanti ?

c.  PKB          :  kalau   saya   pribadi   sih   mbak. Yakin  banget   pemilu   nanti
itu bakalan rame.  Ya, paling parah 40% golputlah. Lho sampean, pak ?
(menepuk       pundak    Ketua    KPK     (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),
Burhanuddin      MuhNanti    asal   tanpa   mempedulikan       raut  muka    tidak
senang    Ketua    KPK   (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),      Burhanuddin
MuhNanti)

d.  KPK           : 50% golput.

e.  Yu Rima      : Lho alah. Sampeyan ini yak apa sih, mas ? kogh bisa itu lho
50% golput. Itu orang apa daun ?

f.   KPK          : (mengangkat alis matanya acuh)

g.  PKB          :    (menggeleng     – gelengkan       kepalanya       tak   percaya
bagaimana      bisa  ada   orang   sesantai   itu  dengan   hasil  prediksi  yang
buruk terhadap proyeknya)

Dilema Golput                       Author : Shiella Fiolly Amanda                       Please Credit

4.   Ketua   KPK    (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),       Burhanuddin       MuhNanti
mengungkapkan         berbeloknya      arah   kebijakan     parpol   lalu  belakangan     ada
gejala mencetak  dealer bukan leader. sedangkan ketua DPP PARTAI KELILIT
BANGSA (PKB), ABDUL BALIK HALALMAIN menjawab demikian karena dilihat
dari Quick Count pemilu 5 tahun terakhir.

a.  KPK            :  (menoleh    ke  arah  ketua    DPP  PARTAI      KELILIT   BANGSA
(PKB), ABDUL BALIK HALALMAIN dengan pandangan ingin tahu) Politik
itu jahat. Selamanya begitu.

b.  Yu Rima       : walah, lha kogh nakutin gitu sih, mas ?

c.  KPK            :  Ya begitu, yu Rim, kenyataannya yang ada.  Saya ini ndak
menambah apalagi mengurangi. (memasang tampak muka serius)

d.  Yu Rima       : Lha iya, mas. Tapi darimana mas Halal itu tahu ?

e.  KPK           :  Ya   sekarang   dilihat   saja   to,   Yu   Rim,   generasi   politik   kita
ini   sudah   mulai   keluar   jalur..   politik   sekarang   sudah  mulai   mencetak
dealer bukan leader lagi. Masa kampanye saja yang salam tempel yang
menang. Semuanya ndak ada yang gratis dan Cuma –Cuma alasannya.
Merepotkan  banget   to,   Yu   ?   (menjelaskan   panjang   dan   lebar   sampai
ketua   DPP  PARTAI   KELILIT   BANGSA   (PKB),   ABDUL   BALIK   HALALMAIN
terbengong  – bengong        dengan     analisa  Ketua   KPK  (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK), Burhanuddin MuhNanti yang sangat genius)

f. PKB                :  (Tiba  – tiba   memotong        pembicaraan     Ketua   KPK
(KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),   Burhanuddin   MuhNanti)             Tunggu..
tunggu,    pak.  Sampeyan     bilang    seperti  itu  mungkin     ndak   melihat
quick count hasil pilpres terakhir yang mana golput Cuma mencapai
30%. J adi kan ini ndak mungkin angkannya menanjak sampai 20%
secepat itu.

g.  Yu Rima   : Wis  – wis,  mas.  Sudah  ndak   usah   diributkan.  Mas  Halal
sampeyan ini ke sini mau apa tadi ?

h. KPK                :  (melengos     ke  arah   PKB    heran   lalu  menyeruput
kopinya)

i. PKB                : ya tetep to, dik, seperti biasa, nasi rawon kesukaan
saya sama gorengan tempe dan tahu isi.

j. Yu Rima    : Oh, lo itu sih beres, mas. (berkata dengan percaya dirinya
sambil    mengibaskan      tangan    ke  arah  ketua    DPP  PARTAI     KELILIT
BANGSA (PKB), ABDUL BALIK HALALMAIN)

Dilema Golput                       Author : Shiella Fiolly Amanda                      Please Credit

k.  KPK              :  (tersenyum     ke  arah  Yu  Rima   dan   menertawakan
ulah  ketua     DPP  PARTAI     KELILIT    BANGSA     (PKB),   ABDUL     BALIK
HALALMAIN)

5. PEDAGANG WARUNG SEDERHANA, MBAK YU RIMA lalu menanyakan
langkah –langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya untuk menanggulangi
Golput yang makin banyak ? Ketua KPK (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),
Burhanuddin MuhNanti menggunakan metode menggerebek warga – warga
yang jelas – jelas memilih Golput. Sedang Ketua DPP PARTAI KELILIT BANGSA
(PKB), ABDUL BALIK HALALMAIN menggunakan bantuan anjing Herder dan
Monyet untuk membantu mengawasi jalannya pemilu di TP. apabila jumlah
anggota/penduduk yang hadir tidak sesuai dengan jumlah kartu yang
terdaftar, maka sang anjing dan monyet akan dikerahkan untuk memberi
mereka pelajaran. sehingga peserta golput akan kapok.

a.  KPK           : (kembali diam karena tidak ditanya)

b.  Yu Rima       : Lha kogh jadi kayak gini mas ceritanya. Sampeyan ini, lho.
Yang serius sedikit kalau saya tanya.       Terus kita –kita yang ndak punya
ini harus bagaimana ?

c.  KPK           :  Lho  iya  jangan    berpikir  sampai    sejauh   itu  to,  Yu  Rim.
Njenengan     kan     masih    muda.   Perempuan       lagi.  Tinggal    mencari
pengganti     dik  Karyo,   pasti   masalahnya     juga   selesai.  (mengatakan
dengan nada yang sedikit meninggi)

d.  Yu Rima       :  Bukan   itu   mas.   Maksud   saya   apa   orang – orang  seperti
saya ini memiliki hak pilih yang sejajar dengan masyarakat menengah
atas dan yang sejenisnya. Secara mas, kita ini apa ?

e.  KPK           :  Ya.   jangan   tanya   saya.   kalau   sampeyan   yang   tanya   saya
sudah   pasti   saya   jawab   kalau   sampeyan   ini   janda   baru.   (mendelik   ke
Ketua DPP PARTAI KELILIT BANGSA (PKB), ABDUL BALIK HALALMAIN)

f.  PKB           :   (menoleh     ganti    ke  Ketua    KPK    (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK), Burhanuddin MuhNanti)  Ngapain ngeliriknya ke saya, pak
? (Bertanya dengan nada yang tidak enak)

g.  Yu Rima       : Barangkali mas Halal disangkanya tertarik sama saya kali
? (kegeeran menyangka)

h.  KPK           :   (melengos   ke   arah   PKB   heran   lalu   menyeruput   kopinya
kembali)   yang    jelas  kalau   saya  mau    menggerebek      rumah   – rumah
warga    setelah   penyuluhan     kalau  masih    saja  ada  yang   diam   – diam
golput.  (Langsung diperagakan oleh talent warga Keling dan Terik)
Dilema Golput                         Author : Shiella Fiolly Amanda                          Please Credit

i.  PKB            :  Wooo-woo-wooo..   ya   ndak   bisa, pak.  Kalau  menurut   saya
ini tidak efektif. Lebih baik menyewa puluhan anjing herder atau sejenis
monyet.     Pokoknya  kalau   ada   yang   curang   atau   golput   saya         tinggal
lepas    anjing   saya.  dan    selanjutnya     terserah    anjing   saya.  (Langsung
diperagakan   oleh   talent   warga   Keling   dan   Terik juga   degan   2   talent
sebagai anjing Herder dan monyet.)

j.   Yu Rima        : ah, sampeyan iku, mas  ! (lagi –lagi  Genit, mengerlingkan
mata).

k.  KPK            : (kesal sendiri)   Ya ! Ndak bisa to, dik. Pokoknya saya yang
paling benar.

l.  PKB            :  Oh.  Ya  tidak   bisa,   (nada   seperti   orang   suku   Samin) yang
jelas    ya  ide   saya.  (  langsung      begitu   saja   melempar      krupuk    tanpa
peringatan       ke   arah    Ketua    KPK    (LEMBAGA        SENSASI     INDONESIA),
Burhanuddin MuhNanti)

m.  Mereka   pun   saling   beradu   kekuatan   dengan   saling   lempar   melempar
properti.

Dilema Golput                 Author : Shiella Fiolly Amanda              Please Credit

Sinopsis

# PEDAGANG WARUNG SEDERHANA, MBAK YU RIMA membuka acara
dengan menyiapkan barang dagangannya di WaSer-nya. Lalu setelah
beberapa tak berselang lama, datanglah 2 Narasumber. Dimana
sebelumnya keluarlah tulisan Tema diskusi hari ini “Golput yang Terus
Menanjak secara Linear” yang berupa kertas karton panjang yang
ditempel dalam stereo foam yang dipegang oleh 2 Warga yang akan
menjadi penduduk di 2 rumah di sekitar warung. 2 Warga ini akan
melambangkan 2 desa yang berseberangan di lingkungan ini, Desa Keling
dan Desa Terik.

Dilema Golput                   Author : Shiella Fiolly Amanda                  Please Credit

Treatment Scenario

Opening Teaser..

INT. Dalam Studio (sengaja diset sebagai Warung Waser yang
terletak di dekat 2 rumah warga). Night

# PEDAGANG WARUNG SEDERHANA, MBAK YU RIMA membuka acara
dengan menyiapkan barang dagangannya di WaSer-nya. Lalu setelah
beberapa tak berselang lama, datanglah 2 Narasumber. Dimana
sebelumnya keluarlah tulisan Tema diskusi hari ini “Golput yang Terus
Menanjak secara Linear” yang berupa kertas karton panjang yang
ditempel dalam stereo foam yang dipegang oleh 2 Warga yang akan
menjadi penduduk di 2 rumah di sekitar warung. 2 Warga ini akan
melambangkan 2 desa yang berseberangan di lingkungan ini, Desa Keling
dan Desa Terik.

1.  Peneliti  senior KPK   (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),    Burhanuddin     MuhNanti,
Burhanuddin      MuhNanti  datang    ke  warung   lalu  memesan    segelas  kopi  panas  ke
PEDAGANG WARUNG SEDERHANA, Mbak Yu RIMA

2. dan  tiba – tiba   datanglah  yang   kedua   adalah  Ketua  DPP  Partai   Kelilit  Bangsa
(PKB), Abdul Balik HalalMain, Abdul Balik HalalMain yang datang langsung duduk di
.samping    Peneliti   senior  KPK   (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),     Burhanuddin
MuhNanti,  memesan   sepiring   nasi   rawon.PEDAGANG   WARUNG   SEDERHANA,   MBAK
YU   RIMA   membuka     pembicaraan    dengan  Peneliti   senior KPK  KOMISI PENYELIDIK KOPLAK), Burhanuddin MuhNanti,         kenapa tumben datang ke WaSer-nya. Ada aa
gerangan.    Lalu Peneliti  senior KPK  (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),    Burhanuddin
MuhNanti,     menjawab      karena   dirinya   sedang   akan   menilih  penyuluhan     yang
dilakukan   sejauh   mana   diterima   warga   Desa   Keling   dan   Desa   Terik.   Lantas   tiba  –
tiba Ketua    DPP  Partai  Kelilit  Bangsa  (PKB),  Abdul  Balik  HalalMain,   Abdul  Balik
HalalMain   ikut menyela pembicaraan dengan keduanya dengan menanyakan sejauh
mana   dan   persiapan   apa  saja  yang   akan   dilakukan  Peneliti   senior  KPK   (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),   Burhanuddin   MuhNanti,   Burhanuddin   MuhNanti        menjelang
Pilpres    2014.Mereka      pun    saling   bercakap.    Sampai   PEDAGANG        WARUNG
SEDERHANA, MBAK YU RIMA menanyakan keduanya bagaimana prediksi  – Prediksi
mereka terhadap pemilu mendatang.

Dilema Golput                    Author : Shiella Fiolly Amanda                  Please Credit

3.Ketua   KPK  (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK),    Burhanuddin     MuhNanti   menjawab
dengan    50%    Golput  sedang   ketua  DPP  PARTAI     KELILIT   BANGSA    (PKB),  ABDUL
BALIK     HALALMAIN     menjawab      dengan    di  bawah    40%.   PEDAGANG       WARUNG
SEDERHANA,       MBAK    YU  RIMA   menanyakan       atas  dasar  apa   mereka    menjawab
pertanyaan tersebut demikian.

4.    Ketua   KPK     (LEMBAGA      SENSASI     INDONESIA),      Burhanuddin      MuhNanti
mengungkapkan       berbeloknya    arah   kebijakan   parpol  lalu  belakangan   ada  gejala
mencetak    dealer  bukan    leader.  sedangkan    ketua  DPP  PARTAI     KELILIT   BANGSA
(PKB),   ABDUL    BALIK   HALALMAIN    menjawab      demikian   karena   dilihat  dari Quick
Count pemilu 5 tahun terakhir.

5.  PEDAGANG   WARUNG   SEDERHANA,   MBAK   YU   RIMA  lalu   menanyakan   langkah         –
langkah   apa   yang  akan  dilakukan   selanjutnya   untuk   menanggulangi    Golput   yang
makin banyak ? Ketua KPK (KOMISI PENYELIDIK KOPLAK), Burhanuddin MuhNanti
menggunakan       metode   menggrebek     warga2   yang   jelas2  memilih   Golput. Sedang
Ketua DPP PARTAI KELILIT BANGSA (PKB), ABDUL BALIK HALALMAIN menggunakan
bantuan anjing Herder dan Monyet untuk membantu mengawasi jalannya pemilu di
TP. apabila jumlah anggota/penduduk yang hadir tidak sesuai dengan jumlah kartu
yang   terdaftar,  maka   sang  anjing  dan  monyet    akan  dikerahkan    untuk   memberi
mereka         pelajaran.       sehingga       peserta        golput      akan        kapok.

..>>> still UPLOADING.. BE PATIENT, GUYS.

Keterangan :

Konsep : parody Pesbuker

Sehingga, :

PEDAGANG WARUNG SEDERHANA, MBAK YU RIMA : pedagang

Dan Narasumber : pembeli

1.  Ketua     KPK   (LEMBAGA       SENSASI     INDONESIA),       Burhanuddin
MuhNanti

2. Ketua     DPP    PARTAI     KELILIT     BANGSA     (PKB),    ABDUL     BALIK
HALALMAIN

@shieLD_fio :“Parodycas” mg msk mssge2x
Dilema Golput “Andai Aku Menjadi Ketua KPK” @tempodotco @KPK_RI http://t.co/A10bxRwf #LombaBlogKPK

About shiellafiollyamanda

"Wish my creation can inspire a lot of people, at least around me."
This entry was posted in NASKAH and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Dilema Golput “Parodycas”

  1. Lyn Hong says:

    whoaaa… nampaknya tak ada yang tak bisa kau lakukan. semuanya bisa…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s