PROPOSAL MAGANG


if you can not be the best, at least be part of the best .. ~ jika kau tak bisa menjadi yang terbaik, setidaknya jadilah bagian dari yang terbaik..

 Contoh

 
I.       Latar Belakang
Perkembangan pesat di bidang pertelevisian di tanah air dewasa ini ditandai dengan disyahkannya Undang-undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Hal ini merupakan produk regulasi modern yang diharapkan dapat mendorong kemajuan dunia penyiaran di tanah air, utamanya penyiaran televisi  sebanding dengan perkembangan di negara-negara maju. Untuk mendukung peraturan diatas,  khususnya dalam menopang kebutuhan SDM Pertelevisian yang dibutuhkan stasiun-stasiun TV, baik TV nasional maupun lokal yang sekarang ini banyak bermunculan di seluruh tanah air, dimana stasiun-stasiun tersebut secara keseluruhan membutuhkan tenaga pendukung yang jumlahnya mencapai ribuan.
Dengan pertimbangan daya saing dan tantangan pada masa mendatang akan semakin tinggi terkait dengan keberlangsungan dari sebuah stasiun televisi, maka sudah barang tentu eksistensi stasiun tersebut banyak ditentukan oleh kualifikasi personel-personel pengelolanya, yang merupakan penggerak aktifitas, pengembangan dan kedinamisan penyiaran dari stasiun TV. Hanya SDM yang handal serta professional yang akan mumpuni menjawab persaingan dan tantangan tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut aspek yang sangat penting untuk diperhatikan adalah bagaimana mempersiapkan SDM yang mempunyai skill handal dan berdedikasi dalam bidang penyiaran tersebut. Dalam hal inilah kegiatan magang (praktek kerja lapangan) yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan pertelevisian, termasuk di dalamnya adalah ABE/P3TV menemukan relevansinya.
II.    Tujuan Magang
§  Menguasai tatacara dan teknik kegiatan sasaran magang.
§  Mengenal dan terbiasa dengan mekanisme, sistem dan lingkungan kerja di lembaga tempat magang (stasiun TV/Production House) pada umumnya dan kegiatan sasaran magang pada khususnya.
§  Meningkatkan kualitas skill/ketrampilan Peserta Magang yang didapat selama magang berlangsung.
§  Membiasakan dan menjalin hubungan yang baik (releasonships) dengan teman kerja, pendamping dan pejabat di lingkungan lembaga tempat magang (stasiun TV/Production House) serta orang-orang di luar lembaga yang dibutuhkan untuk terwujudnya kegiatan sasaran magang.
§  Membangun sinergi kerjasama dalam network pertelevisian dengan lembaga tempat magang sehingga terjalin kemitraan antara broadcast education dan broadcast business, khususnya pengembangan aspek-aspek penyelenggaraan penyiaran (manajemen, system, penggunaan teknologi), peningkatan kualitas dan rekruitmen SDM, saling berbagi (share) pengalaman  dan lain-lain.
III.Sasaran Kegiatan
§  Aktifitas pada lembaga tempat magang (stasiun televise/production house) yang berhubungan manajemen (pengelolaan) program acara yang merupakan kegiatan sasaran magang.
§  Aktifitas yang berhubungan dengan kegiatan teknik pembuatan program acara yang menjadi kegiatan sasaran magang.
IV.Lokasi dan Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Magang ini akan dilaksanakan pada lembaga tempat magang (stasiun Televisi/Production House)  ……….. di Kota ………,
pada bulan ………… selama  …………… minggu/bulan.
V.    Metode
§  Observasi (pengamatan)
Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengamati secara visual kegiatan sasaran dalam magang dengan tujuan untuk mengetahui dan/atau membandingkan dengan apa yang diberikan pada pembelajaran (perkuliahan) di kampus dalam rangka menguasai teknik/pengetahuan kegiatan tersebut.
§  Interview (wawancara)
Kegiatan ini dilakukan dengan cara mewawancarai personel dan/atau pejabat lembaga tempat magang (stasiun televise/production house) yang berkompeten atau menguasai permasalahan peserta magang, baik terkait klarifikasi maupun sharing (berbagi) dan lain-lain.
§  Praktik (partisipasi ikut kerja)
Kegiatan ini dilakukan dengan cara terlibat langsung dalam praktek produksi suatu program acara yang menjadi sasaran magang dengan tujuan menguasai dan mendalami teknik pelaksanaan kegiatan sasaran magang serta membandingkan dengan pengalaman yang didapat ketika di kampus. Termasuk dalam kegiatan ini adalah melakukan peragaan peran (simulasi) terhadap kegiatan-kegiatan magang.
§  Literatur (dokumen)
Telaah terhadap buku referensi/literature (studi kepustakaan) ini dilakukan apabila terhadap ketiga metode tersebut di atas masih dirasakan kurang memberikan penjelasan terhadap masalah/kegiatan magang atau untuk menyempurnakan penjelasan dari apa yang sudah didapat pada ketiga metode di atas.
VI. Hasil
§  Menguasai manajemen dan teknik kegiatan-kegiatan sasaran magang.
§  Menguasai dan terbiasa dengan kerjasama dalam tim kerja yang solid, bernegosiasi untuk memecahkan masalah dan melobi (pendekatan) terhadap pejabat dan/atau orang-orang penting untuk mewujudkan/mensukseskan kegiatan-kegiatan sasaran magang.
§  Terbentuknya SDM pertelevisian yang handal (tidak mudah menyerah dan dapat menghasilkan karya berkualitas), profesional (berdisiplin dan mempunyai komitmen tinggi terhadap pekerjaan) dan berdedikasi (beretika dan mempunyai tanggungjawab tinggi).
Surabaya,    Agustus 2011
Mengetahui
Kepala  BAAK  P3TV
Peserta Magang
Virlia Mazda, A. Md
……………………
              NIK 220050009                                                  NIM
Halaman Judul
Logo
P3TV
………………………   (nama stasiun TV/PH)
…….  Januari  s.d   …… Februari 2011  (waktu Magang)
MAGANG
…………………………………………..  (Judul Magang)
…………………………… (nama Mhsw)   …………………  (NIM)
DOSEN PEMBIMBING
………………………… (nama dosen)
………………………….  (konsentrasi studi)
PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI PERTELEVISIAN (P3TV)
Surabaya 2011
LEMBAR  PENGESAHAN
LAPORAN MAGANG
Laporan Magang ini Disusun untuk Memenuhi
Persyaratan Akademik Konsentrasi Studi Manajemen Pemberitaan Televisi
Program Pendidikan Profesi Pertelevisian
SURABAYA
Tempat Pengesahan    :           Surabaya
Tanggal                       :           Maret 2011
Dosen Pembimbing Magang
 ……………………….
Mengetahui
Direktur
Program Pendidikan Profesi Pertelevisian
……………………….
LEMBAR  PENGESAHAN
LAPORAN MAGANG
Laporan Magang ini Disusun untuk Memenuhi
Persyaratan Akademik Konsentrasi Studi  ……………
Program Pendidikan Profesi Pertelevisian
SURABAYA
Tempat Pengesahan    :           Surabaya
Tanggal                       :           Maret 2011
Dosen Pembimbing Magang
                                                            ………………. (nama dosen)
Mengetahui
Direktur   ……………. (Stasiun TV tempat Magang)
                                                            ………………… (nama direktur)
UCAPAN TERIMA KASIH
            Disadari sepenuhnya bahwa dalam rangka pelaksanaan magang ini mulai dari masa sebelum, pada waktu pelaksanaan magang hingga penulisan laporan ini, penulis telah banyak menerima motivasi, perhatian, bimbingan, masukan, simpati, pengetahuan serta pengalaman dari berbagai pihak. Maka dari itu kami dengan segala ketulusan hati mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.            Bapak Moh. Amil Fikri, SE selaku Direktur Program Pendidikan Profesi Pertelevisian (P3TV) – FBS UNESASurabaya.
2.            Virlia Mazda, selaku Ka. BAAK yang telah banyak memberikan arahan dan pelayanan administrasi dalam rangka magang ini.
3.            Bapak ……………. (dosen pembimbing Magang)selaku dosen pembimbing magang di P3TV yang telah meluangkan waktu untuk membimbing kami dalam penyusunan laporan ini.
4.            Bapak  ……………. (nama direktur TV/PH) selaku Direktur Stasiun TV/ PH ……… (nama stasiun TV/PH) yang telah mengizinkan kami untuk melakukan magang di lingkungan kerjanya.
5.            Bapak  ……………  (pembimbing lapangan dari stasiun TV/PH) selaku pembimbing di lapangan yang telah banyak membimbing dan mengarahkan dalam pelaksanaan magang berlangsung.
6.            Segenap staf dan karyawan pada Stasiun TV/PH ……………… (nama stasiun TV/PH) yang telah banyak memberikan dorongan, sumbang saran dan bantuan selama pelaksanaan magang.
7.            Ibunda dan Ayahanda serta saudara-saudaraku yang telah banyak memberikan dorongan moril dan do’a restu selama pelaksanaan magang ini sampai penyusunan laporannya.
8.            Dan semua pihak yang telah memberikan sumbangan pemikiran, bantuan moril dan materiil serta membantu praktek langsung selama pelaksanaan magang ini.
Semoga kepada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan dan kebaikan diatas mendapatkan curahan rahmat dan ridlo serta diberikan balasan yang tidak terhingga dari ALLAH SWT.
Penulis
DAFTAR  ISI
Halaman
Halaman Judul
Lembar Pengesahan Perusahaan        …………………………………………….            i
Lembar Pengesahan Dosen       …………………………………………………..           ii
Kata Pengantar      ………………………………………………………………..          iii
Ucapan Terima Kasih      …………………………………………………………           iv
Daftar Isi      ………………………………………………………………………            v
Daftar Gambar      ………………………………………………………………..           vi
BAB I.      PENDAHULUAN      ………………………………………………..            1
     1.1. Latar Belakang      ……………………………………………….            ..
                 1.2. Tujuan      ………………………………………………………..            ..
                 1.3. Rumusan Masalah      ……………………………………………            ..
                 1.4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan      ……………………………..            ..
                 1.5. Metode Pelaksanaan      ………………………………………….            ..
BAB II.     PROFIL/GAMBARAN UMUM STASIUN TV/PH  (Tidak harus detail)
                 2.1. Latar Belakang Berdirinya Stasiun TV/PH     ……………………           ..
                 2.2. Sejarah Perkembangan Stasiun TV/PH      ……………………….           ..
BAB III.    PENYELENGGARAAN PROGRAM ACARA  (atau)                                           ..
                  PENGELOLAAN PENYELENGGARAAN PROGRAM ACARA
                  PADA STASIUN TV/PH…. .. …  (nama stasiun TV)    ………………                    ..
Laporan Hasil Pelaksaan PKL
(ceritakan langkah-langkah/tahap demi tahap penyelenggaraan
pemberitaan stasiun TV, termasuk semua aspek yang ikut terlibat
dalam penyelenggaraan pemberitaan tersebut).
BABIV.   ULASAN PENYELENGGARAAN PROGRAM ACARA (atau)        
     PENGELOLAAN PENYELENGGARAAN PROGRAM ACARA PADA  
     STASIUN TV/PH…………….
(Ceritakan aspek-aspek yang berbeda dari produksi acara antara ditempat Magang dengan yang didapat selama kuliah, dan berikan masukan kepada ABE bila yang didapatkan selama kuliah dirasakan ada kekurangan di banding tempat Magang /Saran Teknis)
   
BAB V.     PENUTUP      ……………………………………………………….           
                  4.1. Kesimpulan      ………………………………………………….            ..
                  4.2. Saran              ………….…………………………………………            ..
DAFTAR PUSTAKA      …………………………………………………………            ..
LAMPIRAN      …………………………………………………………………             ..

About shiellafiollyamanda

"Wish my creation can inspire a lot of people, at least around me."
This entry was posted in laporan magang. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s