Pentingnya Sebuah Maaf


Bagi kita sebagian besar pada umumnya sepertinya kata maaf adalah sebuah kata yang sangat sulit diucapkan. Meski kata ini bisa dibilang sangat kecil dan sepele, namun tahukah kita betapa pentingnya mengucapkan sebuah maaf begitu juga dengan maemaafkan ?
Dalam kelas saat pelajaran tengah berlangsung, tak banyak mahasiswa yang dapat konsentrasi ke mata kuliah yang tengah diajarakan oleh seorang dosen tersebut, bukanlah hal apa. Mungkin bisa dimaklumi apabila dosen yang sedang mengajar tersebut lupa perihal kedatangannya yang terlambat dan membuat para mahasiswa – mahasiswinya menunggu hingga bermenit – menit. Hanya satu kata saja, apakah sesutlit itu untuk diutarakan ?
Akan menjadi berbeda halnya dengan dosen yang telah berusaha datang tepat waktu namun apalah daya apabila tak dapat datang ontime hingga harus sedikit berlari kecil sesampainya di kampus dan menegur mahasiswinya yang telah menunggunya tenang duduk di kursi masing – masing. Ha ini tentu akan menjadikan para anak didiknya memberikan respon yang baik sehingga tercipta suatu kondisi yang rukun namun tetap aktif. Di satu sisi mahasiswa pun nyaman dan merasa dihargai begitu juga dengan sang dosen yang bisa menjalankan proses mengajarnya yang semakin mudah diterima oleh para mahasiswanya.
Mudah bukan untuk mengutarakan sebuah kata maaf ? bagi anda yang belum terbiasa mencobanya, hal ini mungkin masih terasa sedikit aneh. Namun, yakinlah bahwa besar manfaat yang dapat dipetik. Dengan kata maaf kita bisa melancarkan komunikasi terhadap sesama juga makin mempererat rasa persaudaraan yang kita miliki di antara satu sama lain.
Sudah banyak sekali contoh yang dapat kita peroleh dari meminta maaf dan memaafkan ini. Banyak tenaga pengajar yang merasakan nyaman saat mengajar muridnya di luar negeri sana, seperti sistem yang digunakan oleh Thailand, Jepang, dan Korea Selatan dimana setiap ada pengajar yang datang terlambat mereka akan segera meminta maaf perilah kedatangannya yang terlambat dan berjanji kepada muridnya untuk mengganti jeda waktu yang hilang selama keterlambatannya di lain hari. Dan hasilnya hampir semua siswanya dapat menerima pelajaran dengan baik. Hasil yang didapatkan pun juga memuaskan. Kalaus sudah mengetahuinya kenapa kita tidak mencoba melakukakannya ? mencoba hal baik juga tidak akan ada salahnya, bukan ?
Kalau hanya itu masalahnya. Jangan cemas. Untuk menghindari rasa malu yang berlebihan untuk memohon maaf, ingatlah bahwa kita semua itu sama diciptakan oleh yang Maha Kuasa. Tidak ada yang berbeda derajatnya. Semua setara. Maka dari itu tak perlu takut dan ada alasan untuk sekedar meminta maaf/ hal ini bisa dilatih mulai sekarang, niscaya kita akan menjadi sesosok manusia yang taat dan berbudi pekerti luhur. Dan tidak tertinggal juga kita bisa memberikan inspirasi terhadap sesama yaitu rasa saling menghormati dan toleransi. Dengan sebuah kata maaf, kesalahan yang begitu banyak pun akan bisa termaafkan.

About shiellafiollyamanda

"Wish my creation can inspire a lot of people, at least around me."
This entry was posted in ARTICLE and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s