SEBERAPA TEMAN MAMPU MEMOTIVASI BELAJAR


SEBERAPA TEMAN MAMPU MEMOTIVASI BELAJAR
 elangrambe    02/08/2010
Oleh : Shiella Fiolly Amanda
Seperti apa arti dan peran teman di mata kita ? Dalamkah ? Atau justru dangkal sekali ? Yang pasti itu tergantung pada kita yang menilainya, teman. Teman juga manusia biasa layaknya kita, namun jangan lengah dalam mengerti keberadaannya untuk mendukung segala aktifitas kita. Tanpa teman kita bukan dan tak kan jadi apa – apa.
Sudah merasakan memiliki teman sejawat yang berguna ? Sesosok teman yang mampu kita andalkan dalam menyelesaikan setiap persoalan ? Sesosok teman yang mampu membuat kita mempercayakan pada mereka bahwa  kita akan sukses berada di sekitar mereka ? Mungkin banyak, tapi sedikit tentunya yang banyak berkonstribusi kalau sudah dalam urusan belajar. Kenapa ? Jawabannya cukup pertanyakan saja pada diri anda. Karena sudah pastilah anda alias “kamu – kamu” telah tahu apa alasan yang paling pas dan meyakinkan secara logika.
Mungkin banyak teman yang kita miliki, yang dengan mudah banyak kita temukan di setiap tempat dan di setiap saat yang pasti begitu tahu cocok saja kita sudah pasti mau terus menjalin pertemanan dengan mereka. Menanggapi arti teman seperti itu bukan salah atau bukan tentu juga benar, sebab dengan semakin memiliki banyak teman kita toh juga bisa akan menambah semakin banyak pengalaman. Namun sudah benarkah anda dalam memilih dan merespon ajakan dan motivasi dari seorang teman ? Sekarang mari kita lihat teman yang bagaimana yang kita maksud dapat diandalkan tersebut ? Baca dengan teliti dan saksama.
Pertama, teman yang dapat diandalakan selalu mampu membakar kita dengan segala kalimat – kalimat motivasi yang mereka miliki, perhatian – perhatian yang selalu mereka perlihatkan melalui suatu sikap keteladanan yang baik. Contoh : teman tersebut selalu mengajari anda bagaimana cara menghargai waktu dan tidak menyia – nyiakan kesempatan atau peluang dan juga mampu mengajari kita bahwa seiring dengan berjalannya waktu kita pun akan tumbuh berkembang mengikuti waktu tersebut. Karena perkembangan kita yang semakin dewasa tersebut maka tugas yang dibebankan di bahu kita miliki itu juga pastilah semakin bertambah. Sehingga mereka yang mampu diandalkan itu selalu menasehati kita untuk mampu mengelola waktu yang kita punyai ini.
Kedua, mereka mampu mengobarkan semangat bekerja keras untuk maju demi menggapai impian kita. Di saat yang kita butuhkan hanyalah sebuat motivator, merekalah yang selalu ada untuk selalu mengingatkan kita untuk tidak menyerah dan berhenti di tengah jalan. Karena akan percuma dan sia – sia juga usaha kita dalam mengejar ini semua apabila masih setengah – setengah. Contoh : di saat nilai – nilai kita mulai jeblok, mereka datang dengan rasa sukarelanya yang tinggi untuk membantu kita menemukan kembali jati diri kita yang sebenarnya. Bahwa setiap manusia pasti pernah menagalami kegagalan. Mampu meyakinkan bahwa kita akan bisa melewati ini semua dan pada akhirnya kita mendapatkan jalan keluar dari semua akar permasalahan kita untuk “l-o-l-o-s”.
Ketiga dan terakhir, mampu memeluk kita dengan keyakinan dan prinsip kuat yang selama ini juga mampu memotivasi diri mereka sendiri. Di saat kita kehilangan kembali motivasi untuk belajar mereka selalu menanamkan harapan – harapan yang menyatakan bahwa mereka dan kita akan mampu melejit kembali melalui rasa yang tak pernah putus asa. Contoh : saat kita tak tahu bagaimana cara untuk kembali bersemangat belajar mereka membantu kita bagaimana mendapatkan beribu cara kepada kita. Mungkin semangat belajar kita akan segera tumbuh apabila semua buku tulis kita tampak bersih dan indah. Mungkin dimulai dari menyampuli buu – buku tulis kita, kemudian membuat catatan serapi mungkin sehingga selain kita tidak susah membacanya, kita jadi tidak malas untuk membaca catatan kita sendiri. Dan setidaknya dalam sehari meskipun tak ada “PR” yang menanti kita untuk segera dikerjakan, kita usahakan untuk tetap membaca. Baik juga dengan membuat rangkuman atau glossary kecil untuk sekedar mengingatkan kepada kita point – point apa yang kita dapat selama kita belajar. Sehingga kita tak perlu takut bila sewaktu  –  waktu  ada ulangan yang mendadak. Yang jelas apabila teman anda sudah seperti ini anda jadi tak perlu khawatir lagi. Karena kita pasti bisa menjadi sukses berat bila di sekeliling mereka. Bahkan tak hanya kita yang diuntungkan kepada kita, namun mereka juga yang akan menjadi semakin paham dengan yang barusan mereka pelajari karena mereka telah mentransferkan ilmunya kepada kita. Selain mereka membaca untuk dirinya sendiri, mereka mngaplikasikannya dengan kreatifitas mereka, dan baru kemudian mereka mempresentasikannya lewat kalimat yang keluar dari mulut mereka. Untuk itu silahkan jajaki seberapa besar teman anda berpengaruh terhadap tingkat prestasi anda ? mari kita temukan bersama mulai dari sekarang !!! Silahkan mencoba dan buktikan hasilnya …
   
  

About shiellafiollyamanda

"Wish my creation can inspire a lot of people, at least around me."
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s