Melejitkan Potensi Otak


Melejitkan Potensi Otak

tak : benda kecil, tak lebih dari 1,5 kg, dengan 100 miliyar sel syaraf aktif (neuron), yang jumlahnya setara dengan bintang di Galaksi Bima Sakti.
”Otak anda terdiri dari triliunan sel otak, setiap sel bagaikan gurita kecil yang begitu kompleks. Ia memiliki sebuah pusat dengan banyak cabang. Setiap cabang memiliki banyak koneksi. Tiap – tiap sel otak tersebut jauh lebih kuat dan canggih daripada komputer dan masing – masing sel saling berhubungan dan bertukar informasi dengan puluh ribu sampai ratusan ribu sel yang lain. Jaringan yang ini begitu memesona, kompleks, dan begitu indah. Setiap orang memilikinya.” _Tony Buzan.
*Sel – sel otak membentuk koneksi atau hubungan dengan kecepatan 3 miliar per detik.
3 Metode mengenai otak :
Pembagian otak menjadi 3 bagian (the triunebrain) – Paul D. McLean
Pembagian otak menjadi 2 bagian, kanan dan kiri – Roger Sperry
Pembagian otak menjadi 4 kuadran yang diungkap – Ned Herrman
Otak reptil letaknya di dasar. Bagian otak ini sama persis dengan bagian otak yang dimiliki reptil, seperti kadal dan buaya. Maka, disebut otak reptil. Tugasnya :
Mengendalikan fungsi – fungsi motor sensorik, ex : rangsangan dari panca indera
Mempertahankan hidup secara naluriah, ex : menghindari bahasa
Otak mamalia / sistem Limbik. Letaknya di sekeliling otak reptil. Di bagian tengah otak seperti namanya, banyak dimiliki oleh mamalia. Maka = otak mamalia. Tugasnya :
Sebagai tempat menyimpan memori anda
Mengendalikan bioritme anda, seperti pola tidur, lapar, haus, tekanan darah, detak jantung, gairah seksual, temperatur, dll.
Sebagai pusat perasaan & emosi. Karenanya, emosi sangat terpengaruh terhadap kesehatan anda. Otak pemikirnya yaitu neokorteks.
Neokorteks terbungkus di sekitar bagian atas dari sisi otak mamalia. 80%nya adalah materi otak anda. Bentuknya seperti selimut setebal 3 mm & memiliki 6 lap. Masing – masing lap tersebut memiliki tugas yang berbeda – beda. Tugasnya :
 Berpikir, berbicara, melihat & mencipta. (tempat kecerdasan anda)
 Di sini bersemayam intuisi (kecerdasan yang paling tinggi). Intuisi  kemampuan menerima informasi yang tidak dapat diterima oleh panca indera anda.
Neuron. Unit struktur dasar fungsi otak  sel syaraf aktif / neuron. Lalat memiliki 100 ribu neuron, tikus memiliki 5 juta neuron, kera memiliki 10 miliar neuron, manusia memiliki 100 miliar neuron. Setiap neuron dapat mengembangkan 2 ribu – 20 ribu cabang (dendrit). Setiap dendrit dapat menyimpan informasi dan menerima input dari sel yang lain. Setiap neuron dapat mengirimkan pesan ke sel otak dan sel tubuh melalui akson. Setiap akson ditutupi oleh pembungkus yang disebut mielin. (semakin baik akson & mielin, semakin cepat pula gerak pesan yang dikirimkan). Kecepatan gerak pesan itu bisa mencapai 100 meter/detik. Seluruh dendrit di kelilingi 900 miliar sel gliol yang berfungsi merekatkan sel bagian otak.
Kekuatan otak, ex : gambaran manusia yang memiliki kekuatan otak yang luar biasa sehingga mampu mensejahterakan kehidupan otaknya. Otak mengingat dengan cara asosiasi … “Otak menyimpan informasi dengan asosiasi. Otak akan menghubungkan sel – sel yang mirip dari tempat menyimpan ingatan. Belajar menyimpan informasi dalam bentuk pola – pola dan dengan asosiasi yang kuat adalah langkah pertama menuju pengembangan kemampuan otak.” _ Dryden & Vas
Otak kanan dan otak kiri. Anggota tubuh sebelah kiri dikendalikan oleh otak kanan, begitu pula sebaliknya. Ned Herrman menggabungkan antara kedua hasil penelitian Paul Mclean & Roger Scerry. Ia membangun model otak dengan struktur 2 belahan yang merupakan bagian dari sistem cerebral & 2 belahan otak lain yang merupakan bagian dari sistem limbik. Ex : pembagi otak menurut 4 kuadran otak & fungsinya.
Bg. Atas Celebral (Ki) A Analitik, matematik, teknikal, pemecahan masalah
Bg. Bawah sistem limbik (Ki) B Pengendali, konservatif, perencana, pengatur & administratif
Bg. Bawah sistem limbik (Ka) C Interpersonal, emosional, musikal, spiritual, & model berbicara
Bg. Atas Celebral (Ka) D Imajinatif, sindesis, artistik, holistik, & konseptual

Otak memiliki pusat kecerdasan
Korteks Prefrontal, memproses dalam berfikir
Korteks motor, yang bertugas mngendalikan aktifitas
Lobus Temporal, yang merupakan pusat percakapan
Lobus Pariental, menangani kemampuan spasial
Lobus Oksipital, menjadi pusat penglihatan
Cerebelum/otak kecil, penyesuaiaan & keseimbangan sebagai pilot otomatis ketika kita melakukan fungsi yang telah dipelajari. Ex : mengendarai sepeda
Penjaga gerbang yaitu amigdala, hipotalamus, dan caudate nucleus. Ketiga ini tergantung menyebarkan pesan – pesan penting ke berbagai bagian otak
Kecerdasan khas – khas linguistik, logis – matematis, visual – spasial, kinetik, musikal, intra & interpersonal, natural & eksistensial _Gardner_ Intinya kecerdasan – kecerdasan tersebut terletak di bagian – bagian yang berbeda dari otak anda.
Koneksi. Koneksi antarsel = kunci kekuatan otak. Percobaan Mark Rosenwarg terhadap tikus – tikus menjadi 3 kelompok tikus :
1. di lingkaran tanpa rintangan – rintangan tanpa stimulasi/ rangsangan/hanya ada makanan dan air
2. tikus 2 ditempatkan pada lingkungan yang penuh rintangan, ex : tangga, roda putar, bola ping pong, dan berbagai benda lainnya.
3. tikus ditempatkan pada posisi melihat kelompok tikus yang ke 2. Hasil ?
1. Tikus di lingkungan yang kaya stimulus/perangsang ternyata lebih banyak dalam memecahkan masalah – masalah, menemukan lorong – lorong di saat tersebut, dsbnya.
2. otak tikus yang ada di lingkungan yang diperkaya dengan stimulus tersebut dibedah, kemudian diukur Celebral Cortexs yang mengontrol menyimpan memori & memproses informasi. Ternyata kortexs tikus itu lebih tebal, sel saraf telah bercabang & membentuk lebih banyak hubungan
3. adanya kelompok tikus yang dibiarkan melihat kelompok tikus yang diperkaya tetapi tak berinteraksi langsung, ternyata tidak mengalami perubahan apapun
“Pada umur berapapun sejak lahir sampai mati, kemanapun mental anda dapat terus ditingkatkan melalui interaksi dengan lingkungan. Semakin terangsang otak anda dengan aktifitas intelektual & interaksi lingkungan, semakin banyak jalinan yang dibuat antarse otak.” _Marian Diamond_
Buat target IDE paling sedikit 5 ide/hari. Ex : Thomas Alva Edison yang memiliki 1.093 hak paten, sangat meyakini arti penting melatih pikiran. Targetnya minimal ada 1 ide kecil/1 hari & 1 penemuan besar/6 bulan sekali.
Perhatika segala yang terjadi di sekitar anda. Seringnya kita hanya melihat tanpa memperhatikannya. Sehingga hal – hal tampak biasa saja dapat anda kembangkan menjadi hal yang luar biasa hebat. Untuk memerhatikannya, pakailah rumus 5W+1H. What(apa), why(mengapa), who(siapa), where(dimana), when(kapan), how(bagaimana).
Ubah kebiasaan, dengan ini anda dapat terstimulasi dengan hal – hal yang baru. Hukum terdalam dari sifat alami manusia = kebiasaan. “kita adalah apa yang kita kerjakan berulang” karena itu keunggulan bukanlah suatu perbuatan, meliankan sebuah kebiasaan.” _Stephen R. Gouve_
Renungkan :
o Seberapa sering tidak mau peduli terhadap gagasan anda karena terbius oleh cara berpikir terhadap opini ? sering kali gagasan tidak ditindaklanjuti karena opini muncul seolah – olah menentang gagasan.
o Seberapa sering menutup ide – ide karena anda sikapnya sok tahu, takut salah, atau takut gagal ?
o Seberapa sering menutup ide – ide anda hanya karena merasa kesulitan mengubah kebiasaan anda ? cara kebiasaan ex : menonton tv pada pukul 7-9 malam. Hal ini = hambatan bagi anda ketika pada waktu – waktu tersebut anda memiliki jadwal membuat rencana usaha & imajinasi. “ imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan, karena imajinasi tak terbatas.” _Albert Enstein_ menjalani kehidupan yang rutinitas semata bisa terlibat munculnya solusi kreatif  terbatas. Tapi tak semua kebiasaan buruk. Ex : membaca. Dengan ini serta teratur, kemampuan kita untuk meningkat.
Banyak membaca. Buatlah catatan kita membaca. Bacalah biografi, tuk otak terangsang oleh berbagai peristiwa yangterekam di buku tersebut.
Sering jalan – jalan. Kapan pun merasa jenuh, pergilah ke toko, pameran, perpus, museum, panti jompo, untuk pikiran terbuka.
Memiliki buku catatan ide. Setelah sekitar 12 detik-20 detik ingatan kita akan melemah, hingga akan kehilangan keseluruhan, kecuali kita mencatatnya. _John Patterson, President National Cash Register (NCR) = pengagum Napoleon. Dia berkuda bersama staffnya pukul 5pagi. Dia memerintahkan kepada mereka untuk memiliki sebuah buku merah kecil untuk mencatat kisah harian pikiran ide – ide”, dll. Ternyata 1/6 perusahaan terkemuka di Amerika dikepalai oleh para mantan pegawai NCR pada masa antara 1910-1930. di antara mantan pegawai NCR yang kecewa = Tom Watson, Pendiri IBM.
BOR. O bagi otak sangat penting. Berat otak kira – kira 1,5 – 1,6 kg/sekitar 2% dari berat total badan. Tetapi otak mengonsumsi 20% O yang kita hirup. Dapt mengurangi stres. Stres = pembunuh sel – sel otak penemuan oleh ilmuan sukses = hubungan antara tingkat kesuksesan mereka dengan berbagai aktifitas. Ex : olahraga yang ditekuni {atletik berlayar & bersepeda}

membuat proyek − proyek kerajinan. Targetkan untuk membuat barang kerajinan yang harus anda selesaikan.
Kecuali ketentraman baru & coba memasak. Melibatkan otak = yaitu sajian yang kreatif.
Nikmati musik. Dengar yang tak biasa anda dengar. Lebih baik mainkan alat musik sendiri.
Bertemu dengn orang baru. Berdiskusilah dengan mereka. Anda akan mendapat pandangan dan pengalaman yang baru juga. Buatlah database tentang rekan – rekan anda. Bua dan cari profi – profil mereka sebab profil menunjukkan potensi yang dimiliki seseorang.
Bertindaklah dan jangan takut gagal. Just do it, learning by doing,
_Vernon Amagnessen. Sebagaimana dikutip oleh Dyden & Voss.”Kita belajar 10% dari yang kita baca, 20% dari yang kita dengar, 30% dari yang kita lihat. 50% dari yang kita dengar dan lihat, 50% dari yang kita katakan, 90% dari yang kita katakan dan kita lakukan,” atau “Genius adalah 10% dari inspirasi (ide dan rencana)dan 99% keringat (kerj keras)” _Edison_
Kalahkan ketakutan. Buatlah tabel +-. Caranya konsenlah pada hal – hal untuk mengungkapkan ide – ide anda, kemudian ubahlah ke tabel + kemudian ungkaplah alasan – alasan mereka.
Optimalkan kinerja otak. Asosiasi= mengaitkan sesuatu dengan sesuatu yang lain. Latihan 1 acak. (Random words)/random input. Teknik sering menghasilkan lompatan kreatif yang mengejutkan. Dengan mudah kita bisa keluar dari kebiasaan pola pikir kita dan menghancurkan hambatan yang muncul. Karena pola pikir lama. Teknik random words = teknik berpikir lateral yang sangat mudah digunakan paling sederhana di antara semua teknik kreatifitas yang digunakan secara luasuntuk menciptakan ide – ide baru. _Edward De Bono_
“salah 1 cara yang baik untuk mengubah seonggok pengalaman menjadi pengalaman yang berharga = dengan menggunakan konsep pemilu (bigger concept).kata acak akan menghasilkan ledakan – ledakan asosiasi segar di otak., ex : krikil yang jatuh ke kolam, kata acak itu memicu asosiasi yang di antaranya mungkin dapat membantu kita menemukan sesuatu yang baru. _Roger Van Oech_
Semakin rinci, semakin baik untuk membantu dengan cara analogi, gunakan kreatifitas. Ex : semut adalah iklan, namun semut tidak dapat ditipu . artinya. Segala pelayanan dan aktifitas untuk pemasangan iklan di surat kabar sekali dilakukan dengan cara – car yang jujur dan professional.
Sebelum ide anda buang, temukan dahulu minimal 3 alasan bahwa ide itu dapat dijalankan” tuliskan msalah tntang anda. Buatlah stimulus dari masalah – masalah tersebut. Buat asosiasi dari ingatan. Buat asosiasi secara spontan. Kaitkan dengan ide – ide anda.
Teori langsung oleh Doug Hall “Pengalaman dan Pengetahuan”
Suasana hati keinginan untuk maju keinginan mandiri
asosiasi ide – ide
gaji tinggi apa perlu kenaikan gaji ?
gengsi tinggi Apa perlu fasilitas lain yang lebih ?
Cepat memecahkan masalah Perlukah melatih karyawan lain supaya sama dengan kamu ?
Terampil & cekatan Perlu karyawan lain belajar pada kamu ?
Suasana hati Apa perlu diubah agar dia senang ?
Keinginan untuk maju Apa perlu dibuat jenjang karir untuk kamu jadi pimpinannya ?
Keinginan mandiri Biarkan kamu usaha sendiri ?

About shiellafiollyamanda

"Wish my creation can inspire a lot of people, at least around me."
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s